ZHI URIC
 

Zhi uric adalah herbal alami yang diformulasikan khusus untuk menstabilkan kadar asam urat dalam darah.

Komposisi dalam bentuk ekstrak :

  • Sirsak (Annona muricata fructus)
  • Tempuyung (Sonchi folium)
  • Daun salam (Poliyanthi folium)
  • Jahe (Zhingiber rhizome)

Khasiat dan Manfaat Zhi Uric :

  • Mengurangi gejala nyeri sendi akibat tingginya kadar asam urat
  • Menurunkan kadar asam urat dalam darah
  • Menstabilkan kadar asam urat dalam darah
  • Menjaga agar kadar asam urat selalu dalam batas normal

Cocok bagi : penderita asam urat ringan, sedang dan berat

Pencegahan terjadinya asam urat tinggi dalam darah

Cara mengkonsumsi :

Penderita asam urat berat 4 kapsul pagi sebelum sarapan dan 3 kapsul sebelum tidur malam

Penderita asam urat ringan 3 kapsul zhi uric pagi sebelum sarapan dan 2 kapsul zhi uric sebelum tidur.

Pencegahan 1-2 kapsul Zhi Uric sebelum makan.


Sekilas pertanyaan dan jawaban :

1. Apakah asam urat itu?

Asam urat sering dialami oleh banyak orang sekarang ini. Bahkan, orang yang masih tergolong muda juga sering ditimpa penyakit ini. Asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Ini juga merupakan hasil samping dari pemecahan sel dalam darah.

2. Apa saja gejala asam urat?

  • Kesemutan dan linu
  • Nyeri terutama malam hari atau pagi hari saat bangun tidur
  • Sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi.

3. Apa penyebab tingginya asam urat dalam tubuh (hyperurisemia)

  • Peningkatan produksi asam urat

Peningkatan produksi asam urat terutama bersumber dari makanan tinggi DNA (dalam hal ini purin). Makanan yang kandungan DNAnya tinggi antara lain hati, timus, pancreas, ginjal. Kondisi lain penyebab hyperurisemia adalah meningkatnya proses penghancuran DNA tubuh. Yang termasuk kondisi ini antara lain : kanker darah (leukemia), pengobatan kanker (kemoterapi), kerusakan otot.(2)

  • Penurunan pembuangan asam urat

Lebih dari 90% penderita hyperurisemia menetap mengalami gangguan pada proses pembuangan asam urat di ginjal. Penurunan pengeluaran asam urat pas tubulus ginjal terutama disebabkan oleh kondisi asam darah meningkat (Ketoasidosis DM, kelaparan, keracunan alkohol, keracunan obat aspirin dan lain-lain).(2) Selain itu, penggunaan beberapa obat (contohnya Pirazinamid salah satu obat dalam paket terapi TBC) dapat berpengaruh dalam menghambat pembuangan asam urat.

  • Kombinasi keduanya

Konsumsi alkohol mempermudah terjadinya hyperurisemia, karena alkohol mengingkatkan produksi serta menurunkan pembuangan asam urat. Minuman beralkohol contohnya bir, terkandung purin yang tinggi serta alkoholnya merangsang produksi asam urat di hati. Pada proses pembuangan, hasil mtebolisme alkohol menghambat pembuangan asam urat di ginjal.(2)

4. Berapa normalnya jumlah asam urat dalam darah?

Bagi pria kadar normal tidak lebih dari 7 mg/dl sedangkan bagi wanita tidak lebih dari 6 mg/dl.

5. Siapa yang lebih beresiko peningkatan asam urat?

Menurut beberapa sumber, dilaporkan bahwa tidak semua orang dengan peningkatan asam urat (hyperurisemia) akan menderita penyakit artritis gout, karena tidak semua penyakit rematik berkaitan dengan peningkatan asam urat. Namun faktor-faktor resiko terjadinya penyakit gout ini adalah kondisi sebagai berikut:

  • Kegemukan
  • Peminum alkohol
  • Keturunan
  • Kurang minum air putih
  • Memiliki gangguan ginjal dan peningkatan darah tinggi

6. Bagaimana sebenarnya proses penguraian asam urat dalam tubuh?

Asam urat berasal dari purin. urin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin terebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal?atau karena penyakit tertentu.

Normalnya, asam urat ini akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses (kotoran) dan urin, tetapi karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh. Hal lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat adalah kita terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak purin. Asam urat yang berlebih akan terkumpul pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri atau bengkak.

7. Apa solusi alami dan tidak membahayakan untuk tubuh?

Penderita asam urat setelah menjalani pegobatan yang tepat dapat diobati sehingga kadar asam urat dalam tubuhnya kembali normal. Tapi karena dalam tubuhnya ada potensi penumpukan asam urat, maka disarankan agar mengontrol makanan yang dikonsusmsi sehingga dapat menghindari makan yang banyak mengandung prin.

Melakukan pengobatan hingga kadar asam urat kembali normal. Kadar normalnya adalah 2.4 hingga 6 untuk wanita dan 3.0 hingga 7 untuk pria.

Kontrol makanan yang dikonsumsi.

Banyak minum air putih. Dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.

8. Serta makanan apa saja yang menjadi pantangan?

Makanan dan minuman yang mengandung purin(1)

Kadar tinggi

Sebaiknya dihindari

Kadar sedang

Dapat dikonsumsi sekali-kali

Kadar Rendah

Bebas dikonsumsi

Hati, ginjal, sarden, ikan herring, daging, bacon (daging babi yang dikukus), codfish, scallops, trout, haddock, daging anak lembu, venison (daging rusa), kalkun, minuman beralkohol

Asparagus, daging sapi, bouillon, daging ayam, kepiting, daging bebek, paha babi, buncis, jamur, lobster, tiram, pork, udang, bayam

Nasi,tepung, minyak, gula, ubi, jagung, kopi, buah, roti, makaroni, keju, telur, produk susu, gula, tomat, sayur hijau (kecuali yang telah disebutkan sebelumnya), minuman berkarbonasi (SODA)

Dikutip dari Harris, M; Siegel, L; Alloway, J. 1999. Gout and Hyperuricemia. Amarican Academy of Family Physicians

9. Mengapa alkohol bisa menyebabkan tingginya asam urat dalam tubuh?

Alkohol itu menyebabkan pembuangan asam urat lewat urine itu ikut berkurang sehingga asam uratnya tetap bertahan di dalam darah. Konsusmsi ikan laut yang tinggi juga mengakibatkan asam urat. Asupan yang masuk ke tubuh juga mempengaruhi kadar asam urat dalam darah. Makanan yang mengandung zat purin yang tinggi akan diubah menjadi asam urat.

10. Jika tidak segera ditangani dengan serius, apa yang akan terjadi?

1. Radang sendi akibat asam urat (gouty arthritis)

Komplikasi hiperurisemia yang paling dikenal adalah radang sendi (gout). Telah dijelaskan sebelumnya bahwa, sifat kimia asam urat cenderung berkumpul di cairan sendi ataupun jaringan ikat longgar. Meskipun hiperurisemia merupakan faktor resiko timbulnya gout, namun, hubungan secara ilmiah antara hiperurisemia dengan serangan gout akut masih belum jelas. Atritis gout akut dapat terjadi pada keadaan konsentrasi asam urat serum yang normal. Akan tetapi, banyak pasien dengan hiperurisemia tidak mendapat serangan atritis gout.(3)

Gejala klinis dari Gout bermacam-macam, yaitu, hiperurisemia tak bergejala, serangan akut gout, gejala antara (intercritical), serangan gout berulang, gout menahun disertai tofus.

Keluhan utama serangan akut dari gout adalah nyeri sendi yang amat sangat yang disertai tanda peradangan (bengkak, memerah, hangat dan nyeri tekan). Adanya peradangan juga dapat disertai demam yang ringan. Serangan akut biasanya puncaknya 1-2 hari sejak serangan pertama kali. Namun pada mereka yang tidak diobati, serangan dapat berakhir setelah 7-10 hari. (3) Serangan biasanya berawal dari malam hari. Awalnya terasa nyeri yang sedang pada persendian. Selanjutnya nyerinya makin bertambah dan terasa terus menerus sehingga sangat mengganggu.

Biasanya persendian ibu jari kaki dan bagian lain dari ekstremitas bawah merupakan persendian yang pertama kali terkena. Persendian ini merupakan bagian yang umumnya terkena karena temperaturnya lebih rendah dari suhu tubuh dan kelarutan monosodium uratnya yang berkurang. Trauma pada ekstremitas bawah juga dapat memicu serangan. Trauma pada persendian yang menerima beban berat tubuh sebagai hasil dari aktivitas rutin menyebabkan cairan masuk ke sinovial pada siang hari. Pada malam hari, air direabsobsi dari celah sendi dan meninggalkan sejumlah MSU. (3)

2. Tofi pada kedua tangan

Serangan gout akut berikutnya biasanya makin bertambah sesuai dengan waktu. Sekitar 60% pasien mengalami serangan akut kedua dalam tahun pertama, sekitar 78% mengalami serangan kedua dalam 2 tahun. Hanya sekitar 7% pasien yang tidak mengalami serangan akut kedua dalam 10 tahun.(1)

Pada gout yang menahun dapat terjadi pembentuk tofi. Tofi adalah benjolan dari kristal monosodium urat yang menumpuk di jaringan lunak tubuh. Tofi merupakan komplikasi lambat dari hiperurisemia. Komplikasi dari tofi berupa nyeri, kerusakan dan kelainan bentuk jaringan lunak, kerusakan sendi dan sindrom penekanan saraf. (3)

3. Komplikasi hyperurisemia pada ginjal

Tiga komplikasi hyperurisemia pada ginjal berupa batu ginjal, gangguan ginjal akut dan kronis akibat asam urat. Batu ginjal terjadi sekitar 10-25% pasien dengan gout primer. Kelarutan kristal asam urat meningkat pada suasana pH urin yang basa. Sebaliknya, pada suasana urin yang asam, kristal asam urat akan mengendap dan terbentuk batu. (3)

Gout dapat merusak ginjal, sehingga pembuangan asam urat akan bertambah buruk. Gangguan ginjal akut gout biasanya sebagai hasil dari penghancuran yang berlebihan dari sel ganas saat kemoterapi tumor. Penghambatan aliran urin yang terjadi akibat pengendapan asam urat pada duktus koledokus dan ureter dapat menyebabkan gagal ginjal akut. Penumpukan jangka panjang dari kristal pada ginjal dapat menyebabkan gangguan ginjal kronik.(3)

Kepustakaan

  1. Harris, M; Siegel, L; Alloway, J. 1999. Gout and Hyperuricemia. Amarican Academy of Family Physicians
  2. Kasper, D; Braunwald, E; Fauci, A; Hauser, S; Longo, D; Jameson, L. 2004. Harrisons Principles of Internal Medicine 16th Edition. In Wortmann, R. disorder of purine and pyrimidine metabolism. New York. McGraw-Hill Professional.
  3. Pittman, J; Pharm. D; Bross, M. 1999. Diagnosis and Managment of Gout. Amarican Academy of Family Physicians.

INDEX
1 MORINZHI
2 ANDRO G
3 GANOTHERAPY
4 ZHI URIC
5 AURA CANTIK